Pengalaman Perjalanan Selama di Desa Dadapan

Tanggal 31 Januari 2023 saya dan kawan-kawan kelas IPS menuju desa Dadapan kecamatan Sedan kabupaten Rembang. Sebelum berangkat ke desa Dadapan, saya dan teman-teman mendapatkan pengarahan oleh guru sosiologi saya yaitu bapak Suhadi dan bu Indarti. Kami berangkat sekitar pukul 07.30 WIB menggunakan truk. Seumur hidup baru kali ini saya naik truk.

Kami menuju desa dadapan melalui Jalan Sedan. Cukup merasa senang bercampur dengan rasa takut karena sopir yang mengendarai truk tersebut. Ialah teman saya sendiri yang tidak belum mempunyai SIM,saat perjalanan sangat menyenangkan jalannya pun tergoncangkan seperti roller coaster. Ditambah lagi dengan sambaran ranting pohon di setiap perjalanan kami begitu sampai di desa Dadapan. Disana alamnya itu asli dengan diselingi dengan pematangan sawah, dan rumah penduduk yang masih kuno di sana kami diarahkan berjalan kaki menuju titik kumpul pertemuan dimana dimana letak berada di hamparan sawah, Di sana kami bertemu dengan komunitas. Di sana kami berkumpul dan penyerahan bibit sebagai simbolis,setelah penyerahan bibit simbolis kami melakukan acara selanjutnya yaitu sesi penanaman bibit Disana sudah diberi lahan tempat yang disediakan oleh komunitas saya dan bersama kelompok menanam bibit alpukat Di sana cuacanya panas.

Setelah penanaman dilanjut dengan sesi makan bersama,kami makan bersama dengan komunitas,bersama guru-guru pendamping. selanjutnya adalah sesi wawancara yang membahas tentang potensi desa dan lain-lain kemudian kami pun foto bersama bersama dengan narasumber atau komunitas sekitar. saya dan kelompok perjalanan menuju truk,Saat berjalan pulang kami melewati jalan-jalan yang berbeda yang bisa memangkas waktu lebih cepat di perjalanan dari pun gelap hujan pun turun.Nah baru kali ini saya kehujanan dan jalan yang dilalui sangat sempit dan menakutkan jalannya terjal serta curam. akhirnya kami sampai di sekolah dengan selamat sentausa, saya presensi kemudian pulang.

Pengalaman belajar saya selama di dadapan tentang menanam bibit alpukat sangat menambah wawasan saya dengan Pentingnya menjaga alam dengan menanam bibit alpukat sebagai Ditambah lagi dengan komoditi buah-buahan dan lain-lain di sana B agar BB saat stres yaitu dilakukan dengan hati-hati pilih tanaman yang tidak terlalu muda atau tua usahakan dilakukan pada pagi hari saat matahari terbit untuk pembuatan lubang atau media tanam bibit dibuat tidak terlalu dalam dengan diukur menggunakan tongkat kedalaman 50 cm. Lalu bagaimana cara meletakkan topi B ke dalam lubang the media tanam yang siap dengan diberi pupuk kandang bibit diletakkan di tutup diletakkan di media tanam kemudian ditutup dengan tanah kemudian di atasnya diberi arah dekat kemudian dikelilingi atau diberi tongkat kayu atau di sini sebut dengan Pring dengan ukuran 50 cm, lebar 2 cm tersebut di ujung itu diberi ditaruh di sekitar dibuat sekitar tanaman yang berbentuk lingkaran kemudian diberi plastik yang dimana akan diikat di sisi bambu yang ditancapkan di atasnya itu tanaman a ditutup dengan plastik supaya tidak terkena dengan sinar matahari langsung.

Pembekalan Lapangan Fotografer By Abil Saputra

Suasana pembukaan praktik pemberdayaan komunitas, tampak Kepala Desa Dadapan mengenakan topi sedang mengenalkan potensi desa Dadapan (Fotografer, Abil Saputra, tahun 2023)

Photografer By Abil Saputra Penanaman Bibit Alpukat

Fotografer By Edwin Selawinata Foto Bersama

Penulis adalah Edwin Selawinata, siswa SMA Negeri 1 Pamotan kelas XII IPS 5 nomor absen 12

Postingan populer dari blog ini

PEDOMAN PENGAMATAN & PERTANYAAN   PENGARUH WISATA PANTAI KARANGJAHE   DALAM PERUBAHAN SOSIAL DESA PUNJULHARJO